Jumat, 21 Februari 2014

Chocolate Cake a.k.a 5 Minutes Chocolate Mug Cake

Resep ini didapat dari postingan mbak Ida Danakusuma di group kuliner FB-NCC, nama kuenya 5 Minutes Chocolate Mug Cake, cara buatnya pun sangat simple, hanya dibutuhkan waktu 5 menit saja dari preparation hingga matang, so? kenapa nggak dicoba saja...

ternyata saat lihat stok bahan, nggak punya susu cair, nggak punya chococips, dan belum punya lagi yang namanya microwave, yah sudahlah nggak apa2, yang penting niatnya saja :D


Berikut resepnya disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah

~ 5 Minutes Chocolate Mug Cake ~

Bahan:
4 sdm tepung terigu serbaguna
4 sdm gula pasir
2 sdm coklat bubuk
1 butir telur
3 sdm susu cair (aku >> 1 sdm susu bubuk + 3 sdm air putih)
3 sdm minyak sayur (mentega/margarine cair)
Sedikit vanilla ekstrak (aku >> tidak pake)
1 mug kopi yang besar untuk wadah (boleh menggunakan 2 cangkir teh seperti saya)
(aku >> pake cetakan muffin, 2 buah)
3 sdm chocochips (sesuai selera) (aku >> kenari cincang kasar)
gula halus untuk taburan (aku >> pake trimits)

Cara:
1. Masukkan bahan kering (tepung, gula, coklat bubuk) ke dalam mug, aduk rata.
2. Tambahan telur, aduk hinggar bercampur.
3. Tuang susu dan minyak sayur, aduk rata.
4. Tambahkan choco chips (jika menggunakan) dan ekstrak vanilla, aduk rata.
5. Masukkan mug ke dalam microwave, masak selama 3 menit pada temperature ‘high’ (tekan tombol 'high'). Cake akan mengembang. Biarkan sedikit dingin, pindahkan ke piring kecil atau langsung dimakan dari mug.
(aku>> masukkan adonan yang sudah dituang ke dalam cetakan muffin, panggang dengan oven, dengan suhu 180-200 derajat Celcius hingga matang selama 10 menit)

Sy tdk memakai coffee mug krn terlalu besar, jadi sy pake tea cup alias cangkir teh, bisa jd 2 cangkir. Masaknya cukup 1,5 menit saja di microwave. Kalo pake mug yg besar, waktunya sekitar 2-3menit ya.
(aku >> karena nggak yakin kalau mug bisa dipanggang juga, jadinya tadi hanya pakai 2 cetakan muffin yang dialasi kertas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar