Rabu, 13 Maret 2013

Apam Dotdot

Akhirnya aku bisa juga bikin kue yang satu ini, dengan perjuangan panjang, belajar dari teman2 pencinta kuliner, mencoba berbagai resep, hingga akhirnya aku berhasil juga menaklukkan kue ini... :D



Berikut resepnya yang aku dapat dari mb. Yulie Abhistawa, teman komunitas kuliner LE

Bahan :
2 btr telur
100 gr gula pasir (saya-80 gr)
1 sdt sp (saya pake quick)
20 ml santan kental (saya-santan sun kara)
20 ml minyak goreng filma
100 gr terigu protein sedang. (saya-tepung segitiga)
Pasta/pewarna
Selai/filling

Cara membuat:
1. Kocok gula, telur, & sp sampai mngembang, berpita, ada jejak
2. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit berselingan dg santan kntal+ minyak goreng. Mikser kec.sedang hingga rata.
3. Masukkan vanili, aduk rata (skip kl pakai pasta)
4. Bagi adonan, warnai.
5.cetak (saya pake cetakan muffin/cupcakes)
6. Kukus +- 15 mnt api sedang (saya-api kecil)
Catatan:
  • Jangan gunakan emulsifier yang SP Ryoto jika membuat kue ini, karena kuenya cenderung akan mekrok hasilnya, gunakan SP-28
  • Gunakan telur yang sudah dingin dari kulkas (aku inapkan telur di kulkan min. semalaman)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar