Jumat, 10 Mei 2013

Marmer Cake

Kembali membuat kue ini karena ikutan tantangan BMS #2 di Group FB-BKR, Marmer Cake a.k.a Bolu Marmer, dengan menggunakan resep Pak Sahak Pribadi.

Ini sudah kesekian kalinya aku membuat kue ini, resep aslinya dapat dilihat disini, dan tetap menjadi favorit keluarga dan juga customerku.

Kali ini aku membuatnya dengan metoda bertahap tidak seperti di resepnya yang menggunakan metoda all in one, dikarenakan mangkuk mixerku tidak terlalu besar.

Bahan:
  • 10 butir telur
  • 250 gr gula pasir (aku-gulaku)
  • 20 gr emulsifier (aku-quick)
  • 300 gr tepung terigu (aku-terigu segitiga)
  • 30 gr tepung maizena
  • 30 gr susu bubuk (aku-1 sachet susu bubuk @27 gr)
  • 200 gr margarine - cairkan (aku-mentega Blue Band)
  • 100 gr minyak goreng (aku-minyak goreng Filma)

Cara membuat:
  • siapkan loyang tulban ukuran 28, olesi dengan mentega dan ditaburi tepung terigu tipis2
  • siapkan oven dengan panas 170 derajat Celcius (tergantung oven masing2 ya)
  • campur jadi satu margarine cair dan minyak goreng, sisihkan
  • campur jadi satu tepung terigu-tepung maizena-susu bubuk, sisihkan
  • kocok telur-gula pasir dan emulsifier hingga mengembang (Signora-5 menit)
  • masukkan bahan2 tepung, aduk rata
  • kemudian masukkan bahan2 cair, aduk balik hingga rata, jangan sampai minyak mengedap dibawah adonan
  • tuang adonan kedalam cetakan, panggang hingga matang (kurang lebih 30-40 menit), gunakan test tusuk di bagian tengah kue untuk melihat kematangan kue (aku-35 menit)
  • segera balik kue dan keluarkan dari loyang agar kue tidak menciut

Selamat mencobanya :)

===========================================
(sumber: Group FB-Bakul Kue Rumahan)
Ani Sofilawarni Igon - Bakul Kue Rumahan
Bu ibu yang membutuhkan konversi resep Marmer cake dengan ukuran Loyang, ini ani coba bantu ya… tung ..itung ...itung.. heheheee…
Oya, ukurannya boleh dibulatkan, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan
Silahkan yang mau menggunakannya, lebih dan kurang mohon maap yee…. ^__^


A. Loyang : B=28 ; K=26x26
10 butir telur,
250 gram gula pasir,
20 gram emulsiefier,
300 tepung terigu,
30 gram maizena,
30 gram susu bubuk.
200 gram margarin cair
100 gram minyak sayur.
2 sdm coklat bubuk

B. Loyang : B=25 ; K=23x23
8 butir telur,
200 gram gula pasir,
16 gram emulsiefier,
240 tepung terigu,
24 gram maizena,
24 gram susu bubuk.
160 gram margarin cair
80 gram minyak sayur.
1,6 sdm coklat bubuk

C. Loyang : B=22 ; K=20x20
6 butir telur,
150 gram gula pasir,
12 gram emulsiefier,
180 gram tepung terigu,
18 gram maizena,
18 gram susu bubuk.
120 gram margarin cair
60 gram minyak sayur.
1 sdm coklat bubuk

# Para suhu CMIIW…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar