Jumat, 12 April 2013

Fancy Bolkus



Kue ini sama dengan Apam Dot2 yang pernah aku buat di waktu yang lalu, tapi untuk kali ini aku coba lagi dengan sedikit modifikasi pada resep aslinya

Bahan:
  • 4 butir telur
  • 175 gr gula pasir
  • 2 sdt emulsifier (aku pake QUICK)
  • 200 gr tepung terigu (aku pake tepung terigu SEGITIGA)
  • 50 ml santan
  • 50 ml minyak goreng
  • pewarna secukupnya (aku pake HAKIKI)

Cara membuat;
  • kocok telur-gula pasir-emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga kental (SIGNORA-kecepatan 10) selama 5 menit
  • kurangi kecepatan, masukkan tepung terigu-santan-minyak goreng bergantian (SIGNORA-kecepatan 5) hingga tercampur rata
  • matikan mixer, bagi adonan, tambahkan pewarna yang disuka
  • tuang ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi paper case, isi hingga nyaris penuh, lukis sesuai motif yang diinginkan
  • menjelang 4 cetakan terakhir kue yang dilukis, nyalakan api, panaskan kukusan dengan api sedang (tergantung masing2 kompor yang digunakan), air kukusan kira2 setinggi 1-2 ruas jari tangan saja (tergantung klakatnya)
  • setelah kukusan beruap, masukkan adonan bolu kukus ke dalamnya, alasi tutup kukusan dengan servet dan kukus selama 15 menit
untuk hasil 22 pcs

Catatan:
telur ataupun santan tidak harus dalam keadaan dingin, kue ini tetap berhasil mingkem alias tidak pecah atasnya.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar